Jayabaya Sudah Meramalkan Bakal Marak Pergaulan Bebas

trikpos.com - Jayabaya Sudah Meramalkan Bakal Marak Pergaulan Bebas Selain memprediksi tentang pembagian zaman, Jayabaya Sudah Meramalkan Bakal Marak Pergaulan s#ks Bebas
Raja Jayabaya juga banyak memberikan perlambang dan sindiran yang bisa dibuktikan hingga sekarang, seperti fenomena s#ks bebas yang terbukti saat ini. Melalui ungkapannya wong wadon ilang kawirangane wong lanang ilang prawirane (banyak perempuan hilang rasa malunya dan banyak laki-laki hilang kehormatannya), akeh udan salah mangsa, akeh prawan tua, akeh randa nglairake anak, akeh jabang bayi lahir nggoleki bapake. Artinya banyak hujan turun bukan pada musimnya, banyak perawan tua yang terlambat menikah, banyak janda melahirkan anak dan banyak yang lahir mencari siapa ayahnya.
Ramalan juga sudah terjadi praktik korupsi di tanah air melalui ungkapannya akeh janji ora ditetepi, akeh wong nglanggar sumpahe dewe (artinya - banyak orang melanggar janji dan sumpah jabatan yang diartikan untuk para pejabat banyak dilanggar), dan Akeh menungso mung ngutamakke duwit, lali kemenungsan, lali kebecikan lali sanak lali kadang (Banyak manusia yang hanya mengutamakan uang, lupa perikemanusiaan, lupa kebaikan dan lupa saudara).

Jayabaya juga memprediksi akan muncul pesawat terbang dan kereta api. Selain itu pasar rakyat yang biasanya ramai di pagi hari kini sudah tak bisa didengar lagi dalam radius 5 km. Melalui Mbesuk yen ana kereta mlaku tanpa jaran, tanah Jawa kalungan wesi, prahu mlaku ing duwur awang-awang, kali ilang kedunge pasar ilang kumandange. Iku tanda yen tekane jaman Joyoboyo wis cedak.
Kitab Jangka Jayabaya juga mengatakan akan maraknya fenomena orang-orang tergila-gila dengan pesugihan karena malas untuk bekerja mencari uang. Perlambang tersebut mengatakan - Akeh wong nyambut gawe apik-apik pada krasa isin, luwih utama ngapusi. Wegah nyambut gawe kepengen kepenak, ngumbar nafsu angkara murka, nggedekake duraka (Banyak orang yang bekerja baik-baik merasa malu, lebih utama menipu. Banyak yang malas bekerja tapi pengen kaya (mencari pesugihan tumbal.

Tag : sejarah, tokoh
Title : Jayabaya Sudah Meramalkan Bakal Marak Pergaulan Bebas